Saeful Amri

Guru di SD Alam Ar Rohmah Malang , tepatnya di jl jambu no. 1 Sumber sekar Dau Malang. Hobi suka mencoba hal2 baru. Berasal dari kota kendal .* Salam kenal...

Selengkapnya
Marah atau Sabar !!
Guru mengajar

Marah atau Sabar !!

Menjadi guru memang tidaklah mudah, harus benar-benar bisa menyampaikan ilmu dengan baik, agar dapat dipahami oleh murid-murid kita dengan mudah. Saat seorang guru mengajar, terkadang ada beberapa murid yang tidak memperhatikan. Alhasil murid tersebut tidak paham pelajaran yang dijelaskan.

Berbagai sikap guru dalam menghadapi murid yang seperti itu. Ada yang dianggap serius sehingga guru mengulang kembali pelajaran tersebut. Ada yang tidak menganggapnya serius sehingga guru pun enggan mengulang kembali. Selain itu, ada yang disikapi dengan marah-marah kepada murid tersebut. Ada lagi yang sabar , mencoba untuk memahami sikap murid tersebut.

Bahkan ada guru yang membiarkan saja atau tak acuh dengan sikap murid seperti itu. Berbagai gambaran sikap guru terhadap murid tersebut. Sebenarnya kembali kepada pemahaman guru kepada murid-muridnya. Ketika guru sudah bisa memahami karakteristik para muridnya, maka guru itu akan lebih sabar menghadapi murid seperti itu.

Inilah yang menjadikan penting hubungan mengajar dengan hati. Hati seorang guru sangat mempengaruhi gaya mengajar guru kepada muridnya. Ketika hati seorang guru sudah memahami masing masing karakter muridnya, maka kegiatan belajar mengajar dikelas akan terasa hidup dan bermakna. Karena guru tersebut mengajar kepada muridnya dengan hati.

Hati yang mengarahkan kepada guru untuk senantiasa mengajar ilmu kepada murid-muridnya dengan penuh keikhlasan dan kasih sayang. Tidak lagi ada rasa marah ketika melihat muridnya bersikap tak acuh, namun kata-kata santunlah yang keluar dari lisan guru tersebut.

Oleh karenanya, mengajar dan hati harus dimiliki oleh seorang guru dalam menyampaikan ilmu kepada murid-muridnya. Mengajar sebagai metode menyampaikan ilmu dan hati sebagai penetralisir sikap yang tidak diharapkan seorang guru terhadap murid-muridnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali