Saeful Amri

Guru di SD Alam Ar Rohmah Malang , tepatnya di jl jambu no. 1 Sumber sekar Dau Malang. Hobi suka mencoba hal2 baru. Berasal dari kota kendal .* Salam kenal...

Selengkapnya
Kenal Al Qur'an?
Anak membaca Al Qur'an

Kenal Al Qur'an?

Setiap agama memiliki kitab suci masing-masing, begitulah pula agama Islam. Orang-orang yang mengaku muslim ketika ditanya apa pedoman hidup kalian? Apa kitab suci kalian?. Mereka menjawab dengan yakin dan tegas" Al Qur'an". Disinilah letak yang harus dikritisi terkait pengakuan sebagai seorang muslim, yang mana mereka mengetahui bahwa Al Qur'an lah kitab suci dan pedoman hidup mereka" kata mereka".

Orang-orang Islam sangatlah mengerti apa yang menjadi rujukan dan pedoman dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan hidup. Namun terkadang mereka terjebak dengan tekstual yang ada didalam Al-Qur'an. Sehingga implementasinya dikehidupan sehari-hari berbeda-beda bahkan ada yang berseberangan.

Dalam memahami Al Qur'an tidak cukup hanya tekstualnya saja, harus juga dipahami dalam segi konstektualnya. Sehingga benar-benar mengerti makna yang tersurat maupun tersirat dalam ayat-ayat Al Qur'an. Ada ilmu asbabun nuzul yakni sebab-sebab diturunkannya ayat-ayat Al-Qur'an, ilmu satu ini juga harus dipahami secara menyeluruh. Ada ilmu nasikh-mansukh yakni ilmu tentang keterkaitan antara ayat satu dengan yang lainnya. Banyak lagi ilmu yang berkaitan dengan memahami Al Qur'an, sehingga Al Qur'an dapat dipahami secara menyeluruh tanpa adanya kekeliruan didalamnya. Karena didalam Al Qur'an sama sekali tidak ada kesalahan dan kekeliruan.

Hanya saja, saat ini banyak dari orang-orang muslim belum mampu memahami Al Qur'an secara benar dan menyeluruh. Akibatnya perilaku dan tindakan yang tidak sesuai dengan al Qur'an banyak kita dapati dari orang yang mengaku Islam. Memahami Al Qur'an dari segi tekstual saja, tidak sempurna ketika tidak memahami al Qur'an dari kontekstual.

Namun sekarang tugas kita adalah bagaimana anak-anak generasi penerus harus di kenalkan dan di arahkan untuk cinta dan paham Kepada Al Qur'an. Bahkan menyiapkan mereka menjadi generasi yang memahami al Qur'an secara benar dan menyeluruh.

Semoga bermanfaat !!.. aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali