Saeful Amri

Guru di SD Alam Ar Rohmah Malang , tepatnya di jl jambu no. 1 Sumber sekar Dau Malang. Hobi suka mencoba hal2 baru. Berasal dari kota kendal .* Salam kenal...

Selengkapnya
Suci di Hari Raya Idhul Fitri
Saling memaafkan satu dengan yang lainnya

Suci di Hari Raya Idhul Fitri

Sejak di umumkan oleh menteri agama bahwa pada tanggal 15 juni 2018 adalah hari raya idhul fitri, maka setiap masjid dan musholla seantero nusantara mengumandangkan takbir. Meski sedikit terlambat dalam menggema takbir yakni setelah selesai sholat isya' tidak mengurangi suka cita dalam menyambut hari raya Idhul Fitri.

Banyak pernak pernik budaya masyarakat Indonesia yang dapat dinikmati. Salah satunya adalah takbir keliling di setiap kampung, bersama dengan masyarakat mengadakan takbir keliling. Ada yang menarik takbir keliling didaerah tempat saya tinggal, dimana setiap musholla dan masjid membuat berbagai ornamen-ornamen yang dibuat dengan bermacam macam bentuk.

Ada yang membuat ornamen berbentuk masjid, ka'bah, unta, dan banyak lagi, yang mana setiap ornamen dihiasi dengan lampu-lampu yang dirangkai dengan indah. Ditambah dengan perangkat sound system untuk takbiran dan dibekali dengan diesel atau jenset untuk sumber listriknya. Semua biaya merupakan swadaya masyarakat dikumpulkan untuk pembiayaan kegiatan takbir keliling.

Selain takbir keliling, dimalam hari raya orang-orang ada yang berkeliling untuk membayar zakat fitrah. Setelah selesai takbir keliling, mulailah para anak-anak, pemuda dan orang dewasa bersama-sama menggemakan takbir hingga larut malam bahkan ada yang menjelang pagi.

Kemudian dipagi hari orang-orang bersama-sama ke masjid atau tanah lapang untuk melaksanakan sholat Idhul Fitri sebanyak dua rakaat dan dilanjutkan dengan kutbah oleh khotib. Setelah khotib selesai kutbah, para jamaah bermushofaha dengan jamaah yang lain. Lalu dilanjutkan bersilaturahmi ke tetangga , saudara dan orang-orang yang ada disekitarnya. Kegiatan silaturahmi ini dilakukan sampai hari ke tujuh lebaran.

Yang perlu menjadi catatan bagi umat Islam adalah bahwa Allah SWT telah mensucikan jiwa umat Islam melalui bulan suci Ramadhan. Umat Islam berpuasa , melaksanakan ibadah baik sholat tarawih , tadarus Al-Qur'an dan kegiatan ibadah lainnya. Tidak lainnya karena berharap menjadi orang-orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Karena sesungguhnya hadiah puasa adalah kita dijadikan oleh Allah SWT orang-orang yang bertaqwa kepadaNya.

Artinya orang dikatakan sukses dalam melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, jikalau mereka menjadi orang-orang yang bertaqwa. Setelah selesai bulan Ramadhan, mereka tetap Istiqomah menjadi orang-orang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kegiatan ibadah yang sudah dijalankan dibulan Ramadhan, masih tetap dilaksanakan saat bulan suci ini berakhir.

Tantangan bagi umat Islam adalah bagaimana mempertahankan kebiasaan ibadah yang sudah dirajut dibulan penuh Maghfiroh yakni bulan Ramadhan. Hal ini sangat penting karena dengan mempertahankan ketaatan kita kepada Allah menjadikan kita sukses berpuasa dibulan suci ramadhan. Sehingga sebagai seorang muslim harus benar-benar mempertahankan kebiasaan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mudah mudahan kita salah satu yang mendapatkan hadiah bulan Ramadhan ini yakni tetap Istiqomah dalam menjalankan ibadah kepada Allah, hadiah itu berupa label Muttaqien bi idznillah .. aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali