Saeful Amri

Guru di SD Alam Ar Rohmah Malang , tepatnya di jl jambu no. 1 Sumber sekar Dau Malang. Hobi suka mencoba hal2 baru. Berasal dari kota kendal .* Salam kenal...

Selengkapnya
Di Balik Bismillah Ada Berkah
Lafadz bismillah

Di Balik Bismillah Ada Berkah

Makna bismillah dalam setiap kegiatan ataupun aktivitas sangat penting. Bismillah meski sederhana dalam pengucapannya namun besar sekali manfaat yang didapatkan. Bismillah merupakan bacaan yang bisa menjadikan segala aktivitas atau kegiatan manusia memiliki keberkahan. Hal ini dikutip dari sebuah perkataan Rasulullah Saw yakni "segala pekerjaan , aktivitas atau kegiatan yang tidak di dahului dengan basmallah maka terputus, artinya tidak memiliki keberkahan".

Keberkahan sendiri dapat diartikan ziyadatul khoir yang artinya tambahnya kebaikan seseorang. Apabila seseorang dalam hidupnya, kebaikannya selalu bertambah maka bisa dikatakan bahwa seseorang itu hidupnya berkah. Keberkahan ini dapat diraih apabila kita membiasakan diri ketika mengawali aktivitas atau kegiatan didahului dengan membaca basmallah.

Membaca bismillah dalam setiap kegiatan atau aktivitas sering dilupakan oleh kebanyakan orang, dikarenakan tidak terbiasa dan dianggap sesuatu yang sepele. Sehingga keberkahan yang semestinya didapatkan disetiap aktivitasnya, menjadi hilang karena tidak membaca bismillah.

Secara harfiah makna bismillah adalah "Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang". Didalam lafadz basmallah terdapat kata Ar Rohman yang sebenarnya terkandung makna bahwa Allah mengasihi semua makhluk ciptaan Nya didunia terutama manusia baik mereka beriman ataupun tidak beriman. Adapun kata Ar Rokhim dapat dimaknai bahwa Allah mencintai dan menyayangi orang-orang yang beriman saja. Didunia Allah akan memberikan kebaikan kepada semua orang yang berbuat baik dengan sesama meski orang itu tidak beriman kepada Allah SWT. Sebaliknya Allah akan memberi keburukan kepada siapa saja yang berbuat buruk kepada sesamanya.

Hanya saja berbeda ketika berada diakhirat kelak, Allah SWT akan memberikan pertolongan-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang beriman saja yakni dimasukkan ke surganya Allah. Bagi orang-orang yang tidak beriman atau bermaksiat maka akan dimasukkan ke nerakanya Allah SWT.

Mengapa bismillah sangat penting sekali ? Sudah dapat kita mengerti dan pahami melalui tulisan ini. Sekarang bagaimana cara untuk membiasakannya?. Hal ini yang menjadi persoalannya karena ketika kita mengetahui hikmah yang besar, pastinya kita ingin mendapatkannya. Langkah pertama yang dilakukan adalah membiasakan membaca bismillah pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya rutinitas seperti makan, minum, tidur, naik kendaraan atau kegiatan rutinitas yang lain.

Begitulah makna bismillah menurut pengetahuan yang saya dapatkan. Semoga tulisan ini bermanfaat.aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih, sangat bermanfaat. Bisa ditambahkan dg dalil ttg dasyatnya Basmallah (mungkin bs browsing) utk menguatkan argumen Bpk.... But, keseluruhan bgs bgt. Slm knal, salam literasi dr Sukoharjo Jateng...

08 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali