Saeful Amri

Guru di SD Alam Ar Rohmah Malang , tepatnya di jl jambu no. 1 Sumber sekar Dau Malang. Hobi suka mencoba hal2 baru. Berasal dari kota kendal .* Salam kenal...

Selengkapnya
Budaya atau membudayakan membaca
Gerakan orang tua membaca buku

Budaya atau membudayakan membaca

Salah satu hal yang di gaungkan oleh mantan menteri pendidikan kita yakni bapak Anies Baswedan adalah membumikan literasi. Satu macam bentuk literasi adalah membaca. Negara kita merupakan negara yang penduduknya paling rendah minat membacanya. Kita bisa lihat disekeliling kita, tidak ada orang yang dengan percaya membaca. Mereka berkerumun bukan membahas tentang buku tapi lebih kepada membahas hal-hal yang tidak penting.

Melihat fenomena seperti itu, maka solusinya adalah membudayakan membaca untuk diri kita pribadi. Sebenarnya bukan karena tidak ada fasilitas atau semacamnya. Banyak perpustakaan yang disana menyediakan buku-buku yang bagus, namun usang karena waktu bukan karena seringnya dipegang untuk dibaca.

Meluangkan waktu untuk membaca sangat berat. Akan tetapi memang harus dipaksakan ada waktu untuk membaca. Agar kita bisa membudayakan diri untuk membaca, bahkan membaca menjadi virus dalam diri seseorang. Ketika tidak membaca terasa ada yang kurang. Maka lama-kelamaan akan tercipta budaya mrmbaca yang dimulai dari diri sendiri.

Ketika sudah berhasil untuk membudayakan membaca pada diri kita sendiri, maka kita juga mengajak orang-orang disekitar kita untuk membaca. Mengajak mereka meluangkan waktu untuk membaca meski tidak banyak di sisi-sisi kesibukan kita bekerja.

Terlebih kepada kita yang berprofesi sebagai seorang pendidik baik guru , orangtua dan yang lainnya hukumnya wajib 'ain membudayakan membaca. Agar murid-murid atau anak-anak kita juga terkena dampak positifnya. Bagaimana bisa kita mengajak murid-murid atau anak-anak untuk membaca, namun kita sendiri belum dikondisikan.

Mari kita ciptakan budaya gemar membaca dimulai dari kita pribadi. Setelah itu ajaklah orang-orang disekitar kita untuk gemar membaca. Sehingga terciptalah budaya gemar membaca dilingkungan kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali