Saeful Amri

Guru di SD Alam Ar Rohmah Malang , tepatnya di jl jambu no. 1 Sumber sekar Dau Malang. Hobi suka mencoba hal2 baru. Berasal dari kota kendal .* Salam kenal...

Selengkapnya
Arti Kalimat Tauhid
Kalimat tauhid

Arti Kalimat Tauhid

Tauhid arti menurut bahasa adalah satu, segala sesuatu yang satu dinamakan tauhid. Sedangkan tauhid menurut ulama metafisika adalah mengesakan Allah yang Maha Kuasa. Sehingga ketika mengartikan lafadz tauhid " laa ilaha illallah", maka dapat diartikan dengan berbagai hal yang berkaitan aspek-aspek kehidupan.

Pertama, arti asli kalimat tauhid adalah tiada tuhan selain Allah. Arti ini menegaskan bahwa tiada satupun tuhan yang wajib disembah kecuali hanya Allah yang Esa. Arti ini memastikan bahwa ketiadaan tuhan-tuhan yang wajib disembah melainkan hanya Allah semata.

Tidak pula Allah beranak dan diperanakan, tidak ada yang menyamai kekuatan dan kekuasaannya. Bahkan Allah dzat yang memiliki peranan bulat dan utuh dalam merekayasa kehidupan manusia di dunia ini. Ketika manusia itu, mengalami berbagai kesulitan dan kesusahan maka hanya Allah SWT yang menjadi tumpuan dan sandaran dalam memohon solusi.

Kedua, arti kalimat tauhid dikaitkan dengan rezeki atau ekonomi. Bahwa tiada Tuhan yang memberikan rezeki melainkan hanya Allah SWT. Dapat diartikan secara eksplisit bahwa hanya Allah pemberi rezeki, memudahkan kita dalam mendapatkan rezeki, sekaligus juga hanya Allah lah yang mendesain secara pasti rezeki kita.

Oleh karenanya, kita tidak perlu berpikir keras dalam mencari rezeki, yang paling perlu adalah berusaha keras untuk mendapatkan rezeki yang berkah. Sehingga rezeki yang kita dapatkan , bisa membuat hidup kita lebih tenang dan bahagia.

Ketiga, arti tauhid yang dikaitkan dengan sosial budaya. Bahwa tiada tuhan yang menciptakan manusia menjadi berbagai suku bangsa, melainkan hanya Allah semata. Berbagai macam suku bangsa didaerah manapun, hanya Allah lah yang menciptakannya. Kehidupan mereka yang beraneka ragam nya adalah rekayasa dari dzat yang merekayasa yakni Allah SWT.

Keempat, arti tauhid yang dikaitkan kesehatan. Bahwa tiada tuhan yang memberikan kesehatan melainkan hanya Allah SWT. Sehingga bersyukur atas kesehatan yang diberikan Allah hukumnya wajib, bahkan ketika hal ini menjadi keyakinan yang kuat maka orang-orang yang sakit merasakan tenang karena yakin yang memiliki obatnya pun pasti dari Allah SWT.

Demikian, arti kalimat tauhid kalau dilihat dari berbagai aspek. Sebenarnya masih banyak sekali arti tauhid bila kita ingin mengaitkan segala sesuatu yang kita alami. Karena pada dasarnya semua yang sudah ada didunia ini, merupakan rekayasa dari Dzat yang Maha Kuasa.

Semoga bermanfaat..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Laa ilahailallah..., tiada tuhan selain Allah. Tiada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah. Tiada tempat berharap selain berharap hanya kepada Allah. Jazakallah khoir...sudah sangat mengingatkan. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....pak guru.

27 Jun
Balas

Aamiin.. waiyyakk.. Semoga Allah selalu menjaga iman dan ibadah kepadaNya..

28 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali